PROFIL DESAIN GRAFIS

Desain Grafis adalah bidang keilmuan dan keahlian dalam perancangan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak dengan menggunakan bentuk-bentuk visual (dalam beberapa media melibatkan unsur audio) yang terpadu serta estetis melalui media tertentu. Tujuan umum yang ingin dicapai adalah mutu komunikasi yang baik, efisien dan efektif. Seiring dengan semakin strategisnya peranan bidang Desain Grafis dalam perkembangan perekonomian dan budaya bangsa Indonesia baik ditingkat regional maupun internasional maka dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang baik dibidangnya dan kemampuan menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Program Studi Desain Grafis (D3), Fakultas Desain Unikom telah memasuki waktu yang cukup lama sebagai institusi pendidikan Ilmu Desain yang secara konsisten mendorong munculnya SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi (IT).

Dengan visi “Menjadi Program Studi Desain Grafis yang unggul pada tahun 2025 dalam bidang keilmuan desain grafis yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global serta memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara”. Program Studi Desain Grafis (D3) Unikom mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum ini mengintegrasikan antara kepentingan pengembangan aspek kognitif, teknis-craftmanship, komunikasi dan softskill yang menunjang kebutuhan industri dan diakomodir oleh insitusi pendidikan.

Bidang keahlian Desain Grafis saat ini telah menjadi bagian dari hampir seluruh sendi industri. Hal ini tercipta karena semakin baiknya pemahaman masyarakat industri terhadap pentinya desain komunikasi visual sebagai bidang yang mampu menjembatani antara industri dan masyarakat. Kebijakan pemerintah yang mendorong berkembangnya industri kreatif menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh para desainer komunikasi visual. Kondisi ini memastikan peluang berkarir dan berkarya sebagai seorang desainer komunikasi visual ataupun wirausahawan yang berpijak pada bidang desain komunikasi visual semakin terbuka.

Peluang kerja bagi mahasiswa lulusan Program Studi Desain Grafis (D3) Unikom antara lain sebagai asisten atau operator ahli desainer grafis, ilustrator, web designer, animator, fotografer, kamerawan dan sebagainya baik yang bergabung dalam perusahaan/lembaga (biro desain, biro periklanan, stasiun televisi, studio animasi, production house, penerbitan, percetakan, kehumasan di lembaga pemerintah maupun perusahaan) atau berposisi sebagai wirausahawan/ frelancer.