Karya Divisi Animasi Unikom “Super Neli” Raih Juara Satu Pada Ajang Curated Amazing Product Jawa Barat Creative Media Award 2021

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya menggali potensi kreatif di Jawa Barat melalui kegiatan Curated Amazing Product (CAP) Jabar Creative Media Award 2021. CAP Jabar adalah penghargaan bagi karya pelaku ekonomi kreatif unggulan Jawa Barat. Penghargaan ini diberikan kepada karya pelaku ekonomi kreatif yang telah melalui rangkaian kuratorial yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar, Dedi Taufik, mengatakan CAP Jabar Creatif Media Award 2021, ingin mendorong karya-karya kreatif Jawa Barat agar semakin dikenal, diakui, dan dihargai di tingkat nasional dan internasional. “Keunikan budaya dan kemajemukan masyarakat Jawa Barat merupakan amunisi bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk menghasilkan karya yang berkualitas,” ujar Taufik Dilansir dari Tribun Jabar.

Taufik mengatakan, CAP Jabar Creatif Media Award 2021 digelar di Bogor Creative Center, Jumat (22/10/2021) sore, dengan jumlah peserta  111 orang dari 19 kabupaten/kota Se-Jawa Barat. “Kota Banding terbanyak kirim karyanya yaitu 27 peserta, KBB 18, Sukabumi 10, Kabupaten Majalengka 10, Kabupaten Bandung 9, Karawang 8, dan yang lainnya,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, untuk kategori storytelling, juara pertama di raih oleh Robi UL Pratama atas penghargaan yang telah diberikan melalui Super Neli sebagai West Java Amazing Curated Product. Serial Televisi 3D berjudul “Super Neli: Nenek lincah yang Menjadi Super Hero. Film bergenre ‘Slapstik Komedi’ ini merupakan film animasi pertama yang diproduksi di Divisi Animasi Unikom dimana proses produksinya melibatkan puluhan orang dari kalangan profesional, mahasiswa dan alumni Unikom.

Robi UL Pratama selaku ketua Divisi Animasi Unikom mengatakan “Sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para juri, diantaranya Putri Tanjung (Stafsus Presiden RI), Dicky Sukmana (Co-founder Panenmaya), dan Anto Motulz (CCO Kreavi) juga atas kepercayaan Pemprov jabar melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan yang telah memilih karya kami Super Neli season 1 sebagai peraih juara pertama pada ajang CAP Jabar Award 2021 kategori story telling, melalui pesan dan penyampaian tersirat nilai – nilai kebudayaan yang kami sisipkan pada film animasi kami.”ungkapnya

Lebih lanjut, Robi menceritakan Cap jabar merupakan suatu wadah apresiasi untuk karya multimedia kreatif yang unggul dalam storytelling, journalistik, dan campaign demi membangkitkan produk-produk ekraf kebanggaan Jawa Barat, kami yakin bahwa melalui Story telling yang kami sajikan melalui penyampaian nilai-nilai kebudayaan seperti penggunaan bahasa sunda, atribut atau identitas kebudayaan sunda menjadikan kami dipilih sebagai peraih juara 1 kategori story telling. Dari 111 karya yang masuk Super Neli Season 1 merupakan salah satu nominasi yg kemudian dipilih masing-masing hanya 3 besar peraih penghargaan setiap kategori. melalui Cap jabar ini nantinya kami akan mendapatkan Cap Jabar, sebuah tanda Digital berbentuk Cap/Logo yang akan kami pakai sebagai tanda Karya tersebut telah diakui keunggulanya , yang kami aplikasikan pada berbagai hal, termasuk poster Dan media promosi.

Harapan kedepannya, setelah mendapatkan CAP Jabar, kami mendapatkan konseksi jejaring, meningkatkan promosi juga branding karya kami dan peluang pengembangan kapasitas. Semoga kami dapat terus mempromosikan kebudayaan daerah khususnya Jawa Barat melalui karakter film animasi yang kami buat.”ucap Robi

Melalui event ini, Pemprov jabar ingin memberikan penghargaan setinggi tingginya bagi karya-karya pelaku ekonomi di Jabar untuk terus berkarya terutama di masa ekonomi yang sulit alkibat pandemi ini. Diharapkan, melalui acara ini juga, maka kampanye bangga buatan Indonesia dapat terus dipromosikan. Masyarakat luas harus diedukasi bahwa karya-karya buatan Indonesia saat ini tak kalah kualitasnya dengan produk dan brand besar dari luar. (Sumber: Direktorat Hms & Pro UNIKOM)

 

About Author
admin