PRAK TANDANG Semester Genap 2020/2021

Program Studi Desan Komunikasi Visual (DKV) Unikom dan Desain Grafis (DG) Unikom selalu memberikan warna dan keunikan tersendiri pada acara besar nya  seperti karakter menjadi tema besar kegiatan Prak Tandang yang diusung oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis (DG) Unikom sebagai kegiatan Yudisium Tugas Akhir/Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Prak Tandang yang dilaksanakan secara online pada sabtu 18 September 2021.  merupakan agenda rutin yang dilakukan pada setiap semester. Selain sebagai kegiatan formal dalam bentuk pengumuman nilai, yudisium menjadi  bentuk apresiasi karya-karya terbaik peserta sidang Tugas Akhir (TA)/ Skripsi dan diisi dengan hiburan baik dari mahasiswa dan para dosen DKV Unikom.

Prak Tandang kali ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Desain Assoc. Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si., Kaprodi Desain Komunikasi Visual Unikom Dr. Kankan Kasmana, S.Sn, M.Ds., Kaprodi Desain Grafis Unikom Wantoro, M.Ds., Koordinator TA/Skripsi S1 Deni Albar, M.Ds., Koordinator TA/Skripsi D3 Ivan Kurniawan, M.Ds., Ketua Pelaksana Prak Tandang Arif Try Cahyadi, M.Ds, Ketua Pelaksana Majang Kawani Ahmad Nurzaeni, M.Ds., Para Dosen dan Sekretariat di lingkungan DKV dan DG Unikom. Serta dihadiri oleh 154 orang pesera TA/Skripsi yang terdiri dari 150 orang jenjang Sarjana (S1) dan 4 orang jenjang Diploma (D3).

Arif Try Cahyadi selaku ketua pelaksana mewakili seluruh panitia menyampaikan selaku ketua pelaksana mewakili seluruh panitia menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras seluruh tim panitia, rekan-rekan dosen, dan juga kontribusi dari seluruh calon wisudawan. “Acara apresiasi berupa awarding kepada dosen dan mahasiswa, pembacaan nilai sampai dengan menyampaian pesan dan kesan antara dosen dan mahasiswa yang akan berlangsung pada hari ini” Arif Try Cahyadi berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan mohon dimaafkan apabila ada hal – hal  yang nantinya kurang berkenan. Silahkan untuk manfaatkan moment ini sebagai ajang silaturahim, berbagi rasa, melepas rindu, saling maaf dan memaafkan, atau mungkin ajang pencarian jodoh” Arif Try Cahyadi menutup sambutan nya dengan pantun yang berbunyi “Duduk disamping pak kusir saat naik delman, duduknya sambil minum es gula aren. Semangat berkarya para calon wisudawan, semoga kelak menjadi pemuda dan pemimpin yang keren”ungkapnya

Sementara itu, Kankan Kasmana dalam sambutan mengungkapkan sambutan mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh elemen yang berpartisipasi dalam kegiatan Prak Tandang semester ini. “hari ini akan diumumkan Yudisium dan tentunya nilai pada hari ini tidak mendefinisikan apapun yang terpenting nanti nya dapat membuktikan saat bekerja dilapangan dengan tindakan nyata. Kankan Kasmana berharap semoga nantinya akan muncul rekan – rekan alumni DKV yang sukses yang nantinya bisa menginspirasi para adik kelasnya, kalo sudah sukses jangan melupakan almamater dan nanti kita akan undang menjadi narasumber seminar untuk memberikan motivasi, inspirasi untuk mereka”ujarnya

Lia Warlina mengatakan “selamat kepada panitia atas keberhasilan, kesuksesan menyelenggarakan kegiatan ini dari pagi kemarin sampai malam menata panggung dan kemudian selamat juga untuk bapak Kaprodi atas keberhasilan bapak-bapak dan ibu-ibu dosen dalam menghantarkan mahasiswanya mencapai titik-titik ini sampai berhasil menyelesaikan sidang tugas akhirnya sehingga hari ini kita akan melaksanakan yudisium. Berliku yang utama selamat kepada wisudawan juga atas kreativitasnya yang yang telah menyajikan berbagai Sekali lagi selamat kepada kalian,  ini merupakan awal yang bukan akhir dari perjuangan kalian melainkan awal  untuk ke dunia kerja.”ungkap Lia

Memasuki kegiatan Sidang Yudisium yakni mengumumkan hasil nilai akhir TA/Skripsi disampaikan oleh koordinator TA/ Skripsi Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 tersebut, dimana nilai yang diperoleh oleh peserta sidang merupakan akumulasi dari tiga tahapan sidang, diantaranya Pra Sidang, Sidang Kelayakan, dan Sidang Akhir. Nilai yang diperoleh tersebut merupakan hasil evaluasi berbagai tahapan sidang dengan proses penilaian yang detail.

Agenda dilanjutkan dengan pemberian kesan dan pesan dari para Dosen DKV dan DG yang hadir kepada para peserta sidang dan dilengkapi dengan penganugerahan kepada karya-karya terbaik Tugas Akhir/Skripsi dari berbagai kategori yang sudah disiapkan oleh panitia. Sehingga pencapaian yang diperoleh dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi para peserta TA/Skripsi dan bisa terus diimplementasikan di kehidupan sesungguhnya.

Melengkapi rangkaian kegiatan, dalam kesempatan tersebut dimanfaatkan sebagai momen untuk pembukaan pameran secara online yang dibacakan oleh Dekan Fakultas Desain Lia Warlina, dimana pameran online yang lebih dikenal ‘Majang Kawani’ tersebut telah resmi dibuka  pada bulan 18 September 2021 yang adapat diaksen melalui laman https://pamerandesain.unikom.ac.id/ (Direktorat Hms & Pro)

About Author
admin