Seminar Dengar Pendapat Pelaku Industri Terkait Pemutakhiran Kurikulum Prodi Desain Grafis UNIKOM

Program Studi Desain Grafis (DG) UNIKOM telah menyelenggarakan kegiatan seminar dengar pendapat pelaku industri terkait pemutakhiran kurikulum, pada hari Sabtu, 06 Maret 2021 secara online melalui media Google Meet. Acara yang berlangsung dari pukul 13.30 hingga pukul 17.00 WIB tersebut mengundang dua narasumber dari pelaku industri dan juga alumni Desain Grafis UNIKOM. Narasumber yang pertama adalah Decky Sastra Putra yang merupakan seorang creativepreneur dari Bandung, CEO dari Rawtype Riot, MotorNasional.id dan juga alumni DG UNIKOM. Sedangkan narasumber kedua adalah Aprilia Muktirina yang merupakan seorang ilustrator dan founder AM Studio dari Yogyakarta.

Acara yang bertujuan untuk pemutakhiran kurikulum prodi Desain Grafis (DG) ini dibuka oleh Dekan Fakultas Desain UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si dan mengundang para dosen di lingkungan prodi DG dan DKV UNIKOM dengan cara sharing ilmu dan dengar pendapat dari pelaku industri. Turut dihadiri juga oleh Ketua Prodi DG UNIKOM, Wantoro, M.Ds dan Koordinator Kurikulum DG UNIKOM, M. Syahril Iskandar, S.Sn., M.Ds.

Secara garis besar, industri menuntut hal yang sudah matang, baik dalam hard skill maupun soft skill. Penekanannya ada pada kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkarya secara orisinil, mampu bekerjasama, mengembangkan kemampuan diri, dan memiliki attitude yang baik.

Arah penyusunan kurikulum dituntut untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi. Tidak menutup kemungkinan membuat mata kuliah baru yang mengakomodir arah gerak budaya informasi. Dengan demikian, perlu spesifikasi dalam penentuan arah pencapaian kurikulum. Seminar mengusulkan untuk membawa arah perubahan kurikulum menuju era digital.

Dari narasumber mengusulkan agar mahasiswa mendapat materi mengenai kewirausahaan, dunia digital dan juga dibekali dengan soft skill yang baik. “Saat lulusan berbisnis atau berwirausaha, dengan basic skill yang ada dan penyebaran teknologi informasi akan membentuk lulusan dengan sendirinya. Perlu juga dimuat materi tentang langkah-langkah memulai bisnis.” tambah Decky.

Dengan berlangsungnya acara seminar ini membawa harapan bagi perkembangan kurikulum di program studi Desain Grafis UNIKOM menuju lebih baik dari yang sebelumnya.

About Author
admin